Pentingnya Menjaga Asupan Asam Folat Dalam Tubuh

Pentingnya Menjaga Asupan Asam Folat Dalam Tubuh
Pentingnya Menjaga Asupan Asam Folat Dalam Tubuh

Sama seperti namanya, anemia defisiensi vitamin B12 dan folat adalah kondisi saat tubuh Anda tidak mempunyai asupan vitamin B12 dan asam folat yang cukup. Kondisi seperti ini merupakan gangguan atau kelainan darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh Anda. Bahkan dapat memengaruhi sistem saraf dan organ vital.  Maka cari tahu lebih lanjut tentang gejala dan cara mengatasi anemia defisiensi vitamin B12 dan folat melalui artikel ini.

Anemia defisiensi vitamin B12 dan asam folat adalah kondisi tubuh Anda saat tidak memiliki cukup vitamin B12 dan asam folat (vitamin B9). Hal itu dapat mengakibatkan, eritroblas yang merupakan cikal bakal sel darah merah Anda dapat pecah atau mati. Kondisi seperti ini disebut juga dengan apoptosis.

Sel darah merah atau biasa disebut dengan eritrosit memiliki peran dalam mengantarkan asupan oksigen ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Di sisi lain, vitamin B12 dan asam folat memiliki peran untuk proses penggantian sel darah merah lama dengan sel darah merah yang baru. Hal ini disebut juga dengan eritropoiesis.

Apabila tubuh KURANG DARAH, maka pembentukan sel darah merah baru tidak akan berjalan dengan normal atau sempurna. Di saat kondisi seperti ini dapat memicu berbagai masalah pada tubuh Anda. Jenis penyakit anemia jenis ini sangat umum terjadi dan dapat menyerang pasien pada semua usia.

Apa gejala-gejala anemia defisiensi B12 dan asam folat? Gejala umum yang terjadi jika tubuh Anda mengalami anemia defisiensi vitamin B12 dan asam folat meliputi:

  • kelelahan,
  • kekurangan energi,
  • sesak napas,
  • pusing,
  • kulit pucat atau kekuningan,
  • detak jantung tidak teratur,
  • kurang nafsu makan,
  • penurunan berat badan, dan
  • telinga berdenging (tinnitus).

Penyakit anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 atau asam folat dapat menyebabkan berbagai gejala. Gejala tersebut pada awalnya ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali. Namun, gejala tersebut dapat memburuk apabila tidak segera diobati. Bagaimana cara mengetahui apakah Anda menderita anemia defisiensi B12 dan asam folat atau tidak?

Tes darah merupakan metode yang dapat dilakukakn untuk mendeteksi anemia jenis apa yang Anda alami. Bukan hanya itu, dokter juga akan memeriksa gejala apa yang Anda rasakan. Apabila Anda sudah didiagnosis menderita anemia defisiensi vitamin B12 dan asam folat, dokter akan melakukan upaya metode pengobatan berikut ini.

  • Memeberikan asupan makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat.
  • Melakukan suntikan atau suplemen penambah darah. Hal ini sangat direkomendasikan karena, suplemen memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat yang tinggi.

Anda juga juga diharuskan melakukan upaya pencegahan anemia dengan melakukan hal-hal berikut.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis zat gizi.
  2. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kaya akan asam folat
  3. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B12 seperti telur.
  4. Jika memiliki pertanyaan terkait anemia defisiensi vitamin B12 dan asam folat, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *