Penyebab Seseorang Mengalami Anemia

Penyebab Seseorang Mengalami Anemia
Penyebab Seseorang Mengalami Anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Anemia juga dikenal dengan penyakit kurang darah. Baik remaja maupun dewasa, serta orang-orang yang mengidap penyaki tertentu sangat beresiko terkena penyakit anemia.

Penyebab utama anemia adalah kekurangan sel darah merah. Mayo Clinic mengutip beberapa hal yang dapat menyebabkan anemia, antara lain:

1. Kurang asupan gizi

Penyebab KEKURANGAN ZAT BESI yang paling sering ditemukan adalah kekurangan gizi. Terdapat beberapa vitamin atau mineral tertentu yang memiliki peran penting untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah, seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat (vitamin B9)..

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat penting bagi tubuh untuk dapat memproduksi hemoglobin. Tanpa asupan zat besi yang cukup, Anda dapat mengalami beberapa gejala anemia defisiensi besi. Sementara itu, kekurangan vitamin B dapat memicu gejala anemia defisiensi folat dan B12.

Asam folat (B9) dan vitamin B12 mempunyai peran penting dalam membantu proses pembentukan keping sel darah merah yang mempunyai kandungan oksigen. Keduanya juga berperan untuk memastikan kelancaran transportasi sel darah merah ke seluruh tubuh.

Jika jumlah sel darah merah rendah, jaringan dan organ dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, terlalu sedikit oksigen yang dapat dibawa oleh sel-sel darah ke seluruh tubuh serta Anda akan merasa pusing, lemah, dan pucat

2. Gangguan pencernaan

Mempunyai gangguan atau penyakit yang mempengaruhi proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dapat menjadi salah satu penyebab penyakit anemia, seperti penyakit Celiac. Penyakit ini akan merusak usus halus dan menyerap nutrisi dari makanan untuk didistribusikan melalui tubuh.

Kerusakan pada usus halus ini tentunya akan mempengaruhi penyerapan zat besi, asam folat dan vitamin B12 yang berperan untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.

3. Penyakit kronis

Penyakit kronis bisa menjadi salah satu fakot penyebab anemia. Penyakit kronis dapat mengakibatkan perubahan pada sistem dalam tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kondisi ini dapat menghambat produksi sel darah merah dan sel darah merah akan lebih cepat mati. Terdapat beberapa penyakit kronis yang sangat berpotensi menyebabkan penyakit anemia seperti penyakit ginjal, kanker, dan infeksi kronis.

4. Trauma (cedera) atau habis operasi

Kecelakaan, trauma, atau operasi dapat menjadi faktor penyebab anemia pada beberapa orang tertentu. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak darah. Akibatnya, persediaan darah dan zat besi dalam tubuh akan terbuang percuma.

5. Riwayat keluarga

Anggota keluarga yang mengidap anemia akan meningkatkan risiko seseorang mengalaminya juga. Jenis anemia yang sangat rentan diturunkan dalam silsilah keluarga yaitu anemia sel sabit.

Penyebab anemia sel sabit adalah struktur hemoglobin dalam darah yang berubah sehingga menyebabkan sel darah merah  lebih cepat mati. Hal ini dapat terjadi karena adanya turunan genetik.

Jika Anda mengalami gejala-gejala anemia dan khawatir akan kondisi kesehatan Anda, kami menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen penambah darah atau bisa juga mengkonsultasikan kepada dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published.